BisnisTeknologi

Keuntungan Menggunakan Ovo dan Cara Memakainya

Beberapa dari anda mungkin sudah mulai sadar banyaknya booth OVO atau warung – warung yang menyediakan pembayaran dengan scan barcode. Tetapi apasih OVO itu? Dan apa manfaatnya untuk kehidupan kita sehari – hari?

Untuk anda yang belum tahu, OVO adalah sebuah aplikasi dompet digital yang merupakan salah satu anak perusahaan dari Lippo Group. Saat ini, apliksi ini juga sudah menjadi salah satu perusahaan dengan tingkat Unicorn dari Indonesia yang bersaing di seluruh Asia.

Keberadaan OVO sangat membantu aktivitas masyarakat Indonesia khususnya dalam bertransaksi. Sebab kini, uang kertas dan koin bukan menjadi satu – satunya alat pembayaran di Indonesia. Tetapi juga ada uang elektronik yang disimpan di dompet digital, aplikasi ini adalah salah satu layanan dompet digital yang bisa anda gunakan untuk menyimpan uang elektronik.

Keuntungan Menggunakan OVO

Jadi apa saja keuntungan yang akan anda rasakan bila menggunakan aplikasi ini sebagai dompet digital? Nah berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa anda semua rasakan.

1. Kemudahan Bertransaksi

Fungsi utama dari aplikasi ini tentunya adalah untuk membantu masyarakat Indonesia dalam bertransaksi. Sebab terkadang, bertransaksi menggunakan uang kertas mulai merepotkan sebab anda perlu membawa dompet dan uang yang pas. Jika tidak, anda perlu menunggu uang kembalian yang kadang harus ditukarkan dahulu dan memakan waktu lama.

Dengan menggunakan aplikasi ini, anda tidak perlu repot menunggu uang kembalian ataupun membawa dompet kemanapun anda pergi. Sebab anda bisa bertransaksi hanya dengan memasukan nomor telepon akun OVO yang ingin anda kirimkan uangnya serta memasukan nominal transaksi.

2. Keamanan Transaksi Terjamin

OVO adalah sebuah perusahaan penyedia layanan transaksi online dan dompet digital yang berdiri dibawah payung hukum yang jelas. Sehingga, keamanan transaksi dan data pribadi yang anda masukan sudah terjamin kerahasiaannya.

Ia juga selalu menyediakan layanan customer care yang aktif di jam kerja untuk anda hubungi bila terjadi masalah atau hal – hal yang tidak diinginkan lainnya. Jadi, anda tidak perlu ragu untuk menggunakan dompet digital terbaik yang satu ini.

3. Bisa Digunakan Dimana Saja

Merchant dan toko yang menggunakan aplikasi ini sebagai metode pembayaran juga sudah tersebar di hampir seluruh Indonesia. Baik merchant online maupun toko – toko offline seperti warung makan, cafe, hingga pasar dan toko kelontong. Hal ini tentunya sangat memudahkan kita yang tidak punya banyak waktu, sebab kita hanya perlu melakukan scan barcode untuk melakukan pembayaran.

4. Banyak Promo Menarik

Dan keuntungan berikutnya yang bisa anda rasakan bila menggunakan dompet digital ini adalah anda bisa mendapatkan banyak promo dan potongan harga di berbagai toko. Bahkan hampir setiap hari ada promo yang bisa anda gunakan ketika ingin membeli makanan dan minuman ringan seperti boba, kopi, dan lain – lain.

ovo

Cara Daftar

Sebelum bisa digunakan untuk bertransaksi, anda perlu melakukan pendaftaran akun terlebih dahulu. Tetapi tenang saja karena proses pendaftarannya sangat mudah dan tidak membutuhkan persyaratan dokumen pribadi seperti KTP atau KK. Untuk mendaftar, anda cukup mengikuti langkah – langkah di bawah ini.

  • Pertama – tama, download dan install aplikasi OVO melalui Google Play Store atau App Store
  • Kemudian buka aplikasinya dan klik pada tulisan “Join Now”
  • Isi kolom nama, email. nomor handphone, serta password yang ingin digunakan
  • Klik lanjutkan dan tunggu hingga sistem mengirimkan kode OTP (One Time Password) ke nomor handphone yang anda daftarkan
  • Masukan kode OTP tersebut ke kolom yang tersedia, perlu anda ingat bahwa anda tidak boleh memberi tahu kode OTP ini kepada siapapun termasuk orang yang mengaku admin atau customer serviced dari aplikasi
  • Bila sudah, buat Security Code yang nantinya akan anda gunakan tiap kali ingin membuka aplikasi dompet digital ini
  • Setelah memasukan security code, akun anda sudah aktif dan bisa digunakan untuk bertransaksi.

Cara Melakukan Transaksi

Untuk melakukan transaksi dari aplikasi OVO ke rekening maupun ke sesama akun OVO, anda perlu memastikan dahulu bahwa saldo anda mencukupi jumlah transaksi. Dan perlu anda ingat bahwa kini terdapat biaya transfer sebesar Rp.2.500,- per satu kali transaksi. Bila semua sudah disiapkan, anda bisa mengikuti langkah – langkah ini untuk melakukan transaksinya.

1. Transaksi via Scan Barcode

  • Masuk ke aplikasi OVO kemudian pilih OVO ID
  • Tunjukan barcode OVO ID ke kasir tempat anda bertransaksi
  • Kemudian, kasir akan melakukan scanning ke barcode akun anda dan notifikasi pembayaran akan langsung muncul
  • Klik konfirmasi pembayaran untuk menyelesaikan transaksi

2. Transaksi via Scan QR

  • Masuk ke aplikasi OVO, kemudian pilih ke menu Scan
  • Arahkan kamera ke kode QR yang tersedia di toko tempat anda bertransaksi
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul notifikasi pembayaran
  • Pastikan nominal saldo yang ingin dibayar sudah benar dan konfirmasi pembayaran untuk menyelesaikan

3. Bayar Produk Digital

  • Masuk ke aplikasi OVO kemudian beralih ke aplikasi tempat anda membeli produk tanpa menutup aplikasi
  • Pilih metode pembayaran menggunakan OVO pada aplikasi tempat anda ingin membeli produk
  • Kemudian, masukan nomor handphone yang digunakan untuk akun anda
  • Lanjutkan pembayaran dan tunggu notifikasi pembayaran muncul
  • Klik pada notifikasi pembayaran dan konfirmasi

4. Cara Transfer Dari OVO ke Rekening

  • Masuk ke Aplikasi OVO dan piih menu Transfer
  • Lanjutkan ke opsi Other Bank atau Bank Lainnya
  • Pilih bank dan masukan nomor rekening tujuan
  • Masukan nominal transaksi dan konfirmasi transaksi

Tetapi, transfer dari OVO ke rekening hanya bisa dilakukan oleh pemilik akun OVO Premier saja. Sedangkan pengguna akun OVO Club hanya bisa menggunakan akunnya untuk pembayaran melalui scan atau pembayaran dari aplikasi saja.

Jenis – Jenis Akun OVO

Jadi di aplikasi ini ada 2 jenis akun yang bisa anda gunakan yaitu akun OVO Club dan OVO Premier. Nah berikut ini adalah penjelasan dari kedua jenis akun ini.

Akun OVO Club

Akun OVO Club adalah jenis akun yang anda gunakan setelah anda menyelesaikan pendaftaran. Dengan akun ini, anda bisa menyimpan saldo hingga 1 juta saja. Anda juga hanya bisa melakukan pembayaran yang tersedia atau terhubung ke aplikasi , bukan transaksi ke rekening.

Akun OVO Premier

Sedangkan dengan akun OVO Premier, anda bisa menyimpan saldo hingga 10 juta rupiah dalam satu akun. Anda juga bisa melakukan transfer ke semua bank dari aplikasi secara langsung. Untuk membuat akun Premier, anda cukup mendatangi booth yang sudah tersebar di hampir seluruh kota di Indonesia. Cukup berikan KTP dan akun anda ke petugas untuk melakukan verifikasi data.

Jadi seperti itulah beberapa penjelasan tentang kegunaan menggunakan  OVO, salah satu dompet digital paling terkenal dan paling banyak digunakan di Indonesia. Jadi dengan menggunakan aplikasi ini, anda bisa lebih menghemat waktu dalam melakukan pembayaran di berbagai toko offline maupun online.

FastestWordPressTheme-728x90

Artikel Terkait

Back to top button