Travel

Tempat Wisata di Medan Simalingkar yang Wajib Anda Kunjungi

Indonesia sudah terkenal sebagai negara yang kaya akan keindahannya, terutama di berbagai daerah kecil. Melalui hal ini maka tidak heran bila banyak pelancong yang pergi ke berbagai penjuru Nusantara. Jika Anda adalah salah satunya maka harus tau beberapa tempat wisata di Medan Simalingkar.

Mengenal Daerah Simalingkar, Medan

Pasti banyak orang yang belum mendengar tentang Simalingkar B, Medan, Sumatera Utara. Daerah ini merupakan sebuah kelurahan dan ternyata menyimpan banyak tempat wisata. Luasnya sendiri hanya 4,48 KM 2, termasuk kecil namun menyimpan kebun binatang lumayan besar yaitu Medan Zoo.

Sama seperti daerah Sumatera Utara lainnya, sebagian besar masyarakat di Simalingkar B merupakan ras batak. Artinya kelurahan kelurahan ini juga memiliki berbagai rangkaian upacara atau acara adat yang menarik. Misalnya seperti mangulosi, tarian Gondang Naposo, dan Mangongkal Holi.

Adat Batak sendiri memang memiliki banyak acara yang menarik untuk masyarakat luar ketahui dan pelajari. Namun pastinya tidak semua yang mereka lakukan bisa menjadi tontonan umum. Untuk mengganti hal itu maka para pengunjung bisa melihat keindahan alam dari berbagai tempat wisata.

Medan Zoo, Tempat Wisata di Medan Simalingkar yang Terkenal

Salah satu tempat wisata di Medan yang terkenal hingga ke luar daerah ialah Medan Zoo. Sebagaimana namanya, tempat wisata ini merupakan kebun binatang dengan banyak hewan menarik di dalamnya. Layaknya kebun binatang secara umum, ada beberapa informasi yang harus pengunjung ketahui.

1. Lokasi dan Rute Perjalanan

Medan Zoo berlokasi di Jl Bunga Rampai IV, SImalingkar B, Ujung Labuhan, Medan, Deli Serdang, Sumatera Utara. Kebun binatang seluas 30 hektar ini bisa Anda jangkau dengan mudah dari pusat kota. Jaraknya juga tidak terlalu jauh, hanya sekitar 1 jam perjalanan dengan kondisi jalur lancar.

Perihal pemilihan rutenya bisa pengunjung pilih berdasarkan tempat keberangkatan. Misalnya dari pusat kota Medan, pergi ke arah utara dan mengikuti petunjuk jalan yang ada. Namun untuk rute lebih tepat bisa menggunakan bantuan dari peta digital di smartphone. Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata Tanjung Balai Asahan yang menyajikan bentangan keindahan alam yang indah untuk dinikmati bersama keluarga.

2. Jam dan Harga Tiket Masuk

Medan Zoo atau Kebun Binatang Simalingkar ini mulai beroperasi dari jam 9.00 – 16.00. Walaupun waktu bukanya termasuk pendek namun pengunjung tetap bisa menikmati pemandangan bersama koleksi hewannya. Tentu 7 jam akan terasa lama untuk mengenal seluruh satwa yang ada bukan?

Harga tiket masuknya sendiri juga terjangkau, mulai dari Rp 15.000 – Rp 20.000. Satu hal yang pengunjung perlu diperhatikan ialah biasanya terdapat perbedaan harga antara anak kecil dan dewasa. Tarif masuk ini juga bisa berubah ketika berada di masa liburan atau high season.

3. Fasilitas di Medan Zoo

Layaknya tempat wisata di Medan Simalingkar lain, tentu kebun binatang ini juga memiliki banyak fasilitas menarik. Misalnya seperti kamar mandi yang bersih dan lengkap di berbagai titik dan juga area food court. Dengan begitu pelanggan bisa beristirahat sebentar sebelum kembali melihat satwa yang bagus.

Medan Zoo juga memiliki berbagai atraksi, baik itu hewan atau atraksi dari staff yang menghibur. Pengunjung yang ingin melihat atraksi menarik ini tidak perlu membayar sejumlah biaya lagi. Pasalnya harga tiket masuk sudah mencakup seluruh fasilitas dan acara tambahan di dalam kebun binatang.

Sunflower Garden, Tempat Wisata di Medan Simalingkar yang Instagramable

Selain kebun binatang, Simalingkar Medan juga memiliki taman bunga matahari yang indah. Di dalamnya tidak hanya ada hamparan bunga namun juga terdapat banyak spot foto. Tidak sedikit warga lokal yang pergi ke sini pada akhir pekan untuk bersenang-senang dan mempercantik feeds instagram mereka.

1. Lokasi dan Jam Buka

Alamat lengkap dari Sunflower Garden ialah di Jalan Sejohor Baru, Simalingkar, Medan, Sumatera Utara. Lokasi wisata ini tidak jauh dari area Danau Toba sehingga bisa menjadi destinasi wisata lanjutan. Untuk rutenya sendiri lebih baik melihat mandiri melalui peta digital.

Pasaknya ada banyak jalan yang bisa pengunjung pilih untuk sampai ke wisata ini. Namun beberapa dari jalur itu merupakan jalan kecil atau wilayah perumahan warga lokal. Agar tidak melewati jalur itu maka lebih baik mendapat panduan langsung dari peta digital.

2. Tiket Masuk dan Pilihan Spot Foto

Para pengunjung bisa masuk dengan gratis dan langsung bertemu pemandangan indah. Jadi memang tempat wisata ini tidak ada tiket masuk melainkan hanya biaya parkir. Itupun masih tergolong sangat murah yaitu 5000 untuk motor dan 10.000 untuk mobil.

Perihal spot foto, pengunjung bisa mengambil gambar kenang kenangan di mana saja. Misalnya Gardu Pandang, sebuah bentuk bunga matahari besar. Ada pula jam raksasa yang juga menjadi idaman pengunjung untuk berfoto ria. Selain itu masih banyak lagi spot foto cantik lainnya yang bisa Anda gunakan. Jika Anda suka dengan spot foto yang menarik, cobalah berkunjung ke Colosseum Club House yang menyajikan kesan klasik seakan kita kembali ke masa lalu.

3. Fasilitas di Sunflower Garden

Sunflower Garden memiliki berbagai fasilitas guna mendukung kenyamanan pengunjung. Di dalamnya terdapat wc dan mushola serta lahan parkir yang luas. Sunflower Garden juga memiliki banyak bangku di bawah pohon teduh atau tenda sehingga bisa menjadi tempat istirahat untuk wisatawan.

Tempat wisata ini juga menyediakan area makan sehingga pengunjung yang lapar tidak perlu pergi jauh ke luar area. Cukup pilih menu makanan di restoran yang tersedia dan menunggunya dengan menyaksikan pemandangan indah.

Itulah 2 tempat wisata di Medan Simalingkar yang cantik dan harus Anda kunjungi dari Langitnesia. Jangan lupa untuk menyiapkan memori smartphone yang banyak karena pengunjung pasti akan banyak mengabadikan momen.

FastestWordPressTheme-728x90

Artikel Terkait

Back to top button