Travel

Wisata Alam Selam Semliro Dataran Tinggi Kudus yang Menawan

Tidak banyak yang tahu bahwa Kudus mempunyai dataran tinggi dengan tempat wisatanya cukup terkenal. Menyuguhkan pemandangan lereng gunung Muria, membuat Wisata Alam Selam Semliro mendapatkan banyak perhatian bagi wisatawan juga warga setempat. Yuk mengintip keindahannya.

Mengenal Wisata Alam Selam Semliro yang Indah

Kawasan wisata berada di lereng gunung biasanya mempunyai suhu yang cukup dingin, poin tersebut salah satu kelebihan mengapa tempat ini menjadi incaran muda mudi berwisata. Memadukan seni alam khas pegunungan dengan warna-warni dekorasi membuatnya menjadi background foto terbaik.

Salah satu daya tarik Wisata Alam Selam Semliro sendiri memang terletak pada banyaknya spot foto, sehingga memperlihatkan keindahan perpaduan warna juga seni alam pegunungan tersebut. Tidak hanya spot-spot foto, disana sudah tersedia gazebo estetik untuk beristirahat sambal jajan.

Selain memberikan wisatawan tempat terbaik untuk healing, wisata tersebut juga memberikan kesempatan pada masyarakat sekitar mencari rezekinya melalui berdagang. Menjajakan beberapa makanan juga minuman. Jangan lupa untuk membuang sampah pada tempatnya ya?

Fasilitas Wisata Alam Selam Semliro Seni Alam dan Buatan

Jika membicarakan tentang fasilitasnya, mungkin tidak berbeda dengan banyak tempat-tempat wisata pada umumnya. Letaknya di dataran tinggi membuat fasilitasnya terasa beda dan unik, juga berbagai spot foto terbaiknya. Berikut beberapa fasilitas-fasilitas serta keindahan alamnya.

1. Spot Foto Terbaik untuk Pengunjung

Seperti penjelasan sebelumnya, wisata terletak di Kudus tersebut memang memfokuskan pada spot foto dan keindahan alam lereng pegunungan. Sejuknya hawa pegunungan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Selain wisata Selam Seliro Anda juga bisa mengunjungi wisata dieng yang juga memiliki banyak spot foto yang menarik. Jangan lupa juga pelajari urutan wisata Dieng agar tak ada lokasi yang terlewat. Wisata alam Selam Semliro mempunyai spot-spot terbaik yang sering menjadi incaran pengunjung diantaranya:

  • Jembatan Prutul. Dalam Bahasa Indonesia artinya jembatan patah, spot foto di atas jembatan berwarna merah dan hitam. Patah dalam artian tidak mempunyai akhir, karena memang spot tersebut mengambil gambaran pengunjung terlihat di jembatan tengah awan
  • Kelopak Bunga Raksasa. Menjadi hiasan terbaik ketika berfoto di tengah alam, selain itu ada juga jenis bunga berwarna kuning pengunjung bisa duduk di tengahnya. Hal tersebut akan menghasilkan foto berbeda
  • Bunga Mawar. Berada pada lereng gunung membuat tanah juga hawa dingin disana mampu menjaga keindahan bunga-bunga mawar, baik asli ataupun buatan
  • Kursi Warna-warni. Menggabungkan seni alam dan buatan, tentunya pemberian warna menjadi poin utama ketika menyediakan spot foto. Termasuk kursi-kursi yang juga sering menjadi incaran pengunjung
  • Sayap Malaikat Besar. Untuk spot foto favorit terakhir mungkin sudah banyak tempat menggunakannya, pengunjung akan berfoto di depan sayap. Seolah-olah mereka mempunyai sayapnya karena 3D sayap malaikat tersebut

Mempunyai lima spot foto tentunya sudah menjadi tujuan terbaik wisatawan untuk mengumpulkan banyak foto berliburnya. Selain adanya beragam tempat foto-foto bagus, suasana juga keadaan alamnya memang membuat pengunjung betah sehingga wajar jika wisata ini laris manis.

2. Gazebo Manis untuk Bersantai

Tidak hanya ada spot-spot foto saja, tetapi pihak pengelola juga menyediakan banyak gazebo estetik untuk pengunjung bersantai atau istirahat sejenak. Mengingat tempat wisata tersebut juga terkenal sebagai seribu tangga, sehingga beberapa akan lelah setelah menaiki anak tangga dengan jumlah banyak.

Selain itu, setelah lelah berkeliling Anda juga bisa menikmati jajanan juga berbagai minuman di gazebo tersebut. Fasilitas ini terlihat ada bukan karena terpaksa tetapi terencana, dari model hingga beberapa kursi tertata rapi sehingga penampilannya lebih seperti kafe daripada sekedar makanan di tempat wisata.

3. Bangku Batu dan Kolam Pemanis

Tidak termasuk tempat duduk untuk menikmati makanan, tetapi adanya bangku terbuat dari batu di sekitar kolam sebagai pemanis menambah spot foto lainnya disana. Hal tersebut karena selain sebagai fasilitas beristirahat layaknya kursi pada umumnya, ketika foto background alam terpampang nyata.

Hijaunya dedaunan hingga perbukitan terlihat ketika pengunjung berfoto duduk atau sekedar berdiri saja di salah satu sisinya. Oleh sebab itulah juga selain menjadi fasilitas ternyata merangkap sebagai spot foto bahkan background-nya buatan Tuhan YME langsung, alam indah khas pegunungan.

4. Warung Menjajakan Makan dan Minum

Sama seperti kawasan wisata Sentul wisata agro edukasi, Wisata ini juga menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman yang siap dinikmati. Anda tidak perlu khawatir kehausan atau kelaparan karena fasilitas selanjutnya adalah warung yang menjajakan makanan juga minuman dengan berbagai macam pilihan. Penjualnya masyarakat sekitar sehingga tak perlu khawatirkan harganya, masih normal meskipun berada di tempat wisata ternama.

Makanannya pun beragam, dari cemilan sampai makan besar ada begitu juga minumannya. Anda hanya perlu memilih lalu duduk di gazebo atau bangku-bangku ala kafe sudah tersedia disana. Fasilitas ini sudah pasti harus ada pada setiap tempat wisata terutama seribu tangga tersebut.

Harga Tiket dan Poin Penting Wisata Alam Selam Semliro

Jangan khawatir, meskipun mempunyai spot foto epic mereka hanya menarik biaya tiket 5.000 rupiah saja per orang. Anda hanya perlu menempuh 15 menit dari Kota Kudus dan poin pentingnya sesuai julukan, pengunjung memang harus menaiki anak tangga untuk sampai di atas, mengingat tempatnya di lereng gunung.

Usahakan menggunakan outfit serta alas kaki yang nyaman karena memang lelah ketika menaiki tangga-tangganya. Tidak ubahnya seperti hiking ke atas gunung, namun karena tempat wisata sudah terkelola dengan baik medannya mudah sehingga siapa saja bisa melewatinya tanpa kesulitan.

Letak Wisata Alam Selam Semliro sendiri sebelum air terjun yang juga terkenal di Kudus. Anda tidak perlu bingung mencarinya karena sudah ada di GMaps. Itulah ulasan dari Langitnesia tentang wisata Semliro untuk Anda, oiya jangan lupa jadikan kebersihan identitasmu sebagai wisatawan sopan santun di tempat-tempat umum.

FastestWordPressTheme-728x90

Artikel Terkait

Satu Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button